Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Tidak Bau dan Tetap Bersih

No comment 42 views
Sepatu sneakers adalah pilihan yang bagus untuk berolahraga maupun untuk bepergian jauh travelling. Sepatu sneakers cukup nyaman di kaki dan tidak membuat kaki lecet. Bahan yang empuk dan tidak adanya hak membuat sepatu ini cocok untuk olahraga maupun untuk jalan-jalan. Tetap, ada satu kendala yang membuat orang malas menggunakan sepatu jenis ini, yaitu cara membersihkannya. Sepatu jenis ini mudah kotor jika terkena lumpur maupun debu. Warna putih bersih pun bisa berubah menjadi coklat dan kelihatan kotor. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara merawat sepatu sneakers yang benar.
Saat anda bepergian keluar ruangan dan hujan turun, sepatu sneakers akan cepat kotor karena terkena air. Bahan sepatu yang menyerap air bisa membuat air langsung masuk ke kaos kaki dan membuat kaki anda basah. Bagian dalam sepatu pun menjadi kotor dan susah dibersihkan. Tetapi, anda tidak perlu khawatir. Tetap gunakan sepatu sneakers untuk alasan kenyamanan dan anda menggunakan cara merawat sepatu sneakers agar sepatu tetap bersih seperti baru.

1.       Cuci dengan bersih
Agar sepatu sneakers selalu bersih saat diapaki, jangan menunda mencuci sepatu terlalu lama. Cara mencuci yang benar adalah dengan menggunakan detergen khusus kain. Gunakan sikat khusus sepatu yang memiliki tekstur lebih lembut daripada sikat baju. Untuk menjangkau bagian yang dalam, gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Sebelum mencuci, anda bisa menghilangkan kotoran yang tebal dengan baking soda dan merendamnya dengan air hangat lalu disikat. Setelah itu, baru bisa mulai mencuci semua bagian. Sebelum dijemur, bilas dan goyangkan sepatu memutar lalu gantung dalam keadaan terbalik agar cepat kering.
Untuk sneakers yang tidak terlalu kotor, anda tidak perlu mencucinya dan cukup menyikat bagian yang kotor saja.

2.       Simpan di tempat yang kering
Tempat yang lembab akan sangat mudah membuat sepatu sneakers berjamur. Cara merawat sepatu sneakers yang benar adalah dengan memberikan tempat khusus untuk sepatu. Jika anda biasa meletakkan sepatu di rak khusus, sebaiknya siapkan rak yang besar dengan banyak sekat agar bisa menampung banyak sepatu. Rak yang terbuka juga memudahkan adanya peredaran udara sehingga sepatu tidak lembab. Jika menyimpan di dalam ruangan, sebaiknya hindari menaruh di dalam kotak dan taruhlah di rak sepatu. Hal ini akan lebih aman untuk menghindari sepatu sneakers menjadi lembab dan bau karena jamur.

3.       Gunakan di waktu yang tepat
Pilih sepatu yang tepat di saat yang tepat. Jika ingin menghadiri acara resmi, sebaiknya gunakan sepatu dengan bahan kulit. Jika ingin berolahraga, anda bisa menggunakan sepatu sneakers anda. Bepergian jauh ataupun liburan pun bisa menggunakan sepatu jenis ini karena sangat nyaman. Sebaiknya anda memiliki beberapa pasang sepatu sneakers, jadi bisa menggunakannya untuk tiap kesempatan yang berbeda. Hal ini untuk menghindari penggunaan sepatu berulang-ulang dan menyebabkan kotor.

4.       Gunakan kaos kaki
Cara merawat sepatu sneakers yang ampuh adalah dengan menggunakan kaos kaki. Hal ini untuk menghidari sepatu terkena keringat kita secara langsung. Ganti kaos kaki tiap minimal sekali sehari agar tidak membuat sepatu menjadi bau. Dengan begitu, sepatu sneakers tidak akan mudah kotor dan lembab.

Dengan 4 cara merawat sepatu sneakers diatas, anda bisa memiliki sepatu yang bersih dan siap dipakai setiap saat. Jangan lupa untuk membeli sepatu dengan kualitas tinggi agar tidak mudah rusak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
author
Author: 

    Leave a reply "Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Tidak Bau dan Tetap Bersih"