Apa yang harus kamu lakukan sebelum masuk Kuliah / Perguruan Tinggi

No comment 131 views

Setelah lulus SMA (Sekolah Menengah Atas) sekitar bulan Mei, kamu bakal menghadapi liburan panjang yaitu dari bulan Mei hingga Agustus, walaupun ada kampus yang masuk lebih awal. Kebanyakan siswa setelah lulus SMA tidak tahu harus ngapain, harus mengerjakan apa dan alhasil cuma leha – leha, tidur sampai siang di rumah atau jalan – jalan sama teman. Well, ada hal berguna yang bisa kamu lakuin kok.

1. Buat email kamu terlihat profesional

Ini berlaku buat temen – temen yang emailnya mungkin masih ada unsur “keimut-imutan” atau “kealay-alayan” misalnya opikcutez@hotmail.com dan “opikcendiriajah@rocketmail.com”. Ayolah kalian masih mau pakai email itu untuk kumpulin laporan ke dosen kalian nanti? Atau mau lamar kerja pakai alamat email seperti itu? Kalo mau email kamu dibaca, maka cobalah buat email yang terlihat profesional. Misalnya nama lengkap kamu, atau nama lengkap dan bidang yang ditekuni. Contohnya opikherman@gmail.com atau opik.design@ymail.com.

2. Lakukan  apa saja yang membuat kreativitas meningkat

Hal ini bisa apa saja, sesuai hobi, minat dan bakat kamu. Jadi selama liburan kalau kamu tekunin terus bidang apapun yang kamu suka bakal berkembang jadi lebih baik dan mungkin bisa menjadi bekal buat masa depan kamu juga. Misalnya kamu suka main musik, main musiklah setiap hari, lihat tutorial gratis  melalui Youtube atau mengikuti pelatihan non-formal.

3. Cari tahu “Passion” kamu

Kalau ditanya “passion kamu apa sih?” kira – kira kamu udah punya jawaban mantap belum? Atau sekedar hobi? Kadang passion itu ditemukan saat ketidak sudah dicoba. Semakin kamu mencintai bidang itu, lebih dari sekedar hobi, belajar dan mengembangkan, bahkan hingga ingin menjadi sumber mata pencaharian, kemungkinan besar itu passion kamu.

4. Tulis pemikiran – pemikiranmu

Anak muda itu, sering banget punya pemikiran-pemikiran yang hebat. Tapi biasanya pemikiran itu ya hanya jadi pemikiran, asal lewat. Sayang banget kan kalo kamu udah punya ide bagus banget karena kamu diemin gak dianggap serius terus keburu lupa, dan akhirnya keburu orang lain yang rebut ide itu dan pas udah sukses kita cuma bisa bilang “Kalo gue jalanin ide gue lebih dulu, gue yakin lebih sukses daripada dia“. Dengan menuliskan pemikiran-pemikiran kamu, bisa jadi motivasi tersendiri yang akhirnya berusaha buat realisasikan ide tersebut. Coba deh!

5. Bersiaplah untuk berteman dan mencari koneksi

Nah ini nih, kalau kamu emang udah bawaannya gaul dan asik darisananya kamu pasti gampang deh cari temen dan koneksi. Tapi buat kamu yang alim-alim, tertutup dan sulit bergaul harus denger tips ini. Kamu kan baru lulus nih dari SMA, teman-teman kamu di kampus pasti beda lagi, baru lagi. Manfaatin moment ini! Karena semua orang pasti bakal sama-sama jadi “anak baru”, sama-sama cari temen juga. Kalau bisa carilah teman baru, jangan barengan nempel terus sama temen satu sekolah kamu (kalo emang kebetulan 1 kampus juga). Jadi kamu memperluas lagi lingkungan pergaulan kamu, selama itu baik, kenapa ga? Selain itu kelebihan punya teman yang banyak, di kampus nanti bakal banyak koneksi yang mungkin berguna untuk masa depan kamu. Teman itu bukan untuk dimanfaatkan, tapi untuk diajak kerjasama.

Sudah siap untuk masuk perguruan tinggi? Siapa takut!
Selamat mencoba.

author
Author: 

    Leave a reply "Apa yang harus kamu lakukan sebelum masuk Kuliah / Perguruan Tinggi"